IGI Aceh Jaya Adakan Pelatihan “Meugaya”


Calang – Bupati Aceh Jaya HT Irfan TB, membuka pelatihan dalam jaringan (daring) “Meugaya” (Meurunoe Guru di Aceh Jaya ) yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Jaya di ruang Media Center, Senin (19/10/2020).

Pada kesempatan pelatihan dengan tema Guru Inovatif di Era Pandemi Covid-19 tersebut, Bupati menyampaikan apresiasinya pada terobosan yang dilakukan IGI.

Sebab, IGI sebagai organisasi guru, telah mampu berpikir inovatif dan bersinergi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Jaya.

“Kegiatan pelatihan dalam jaringan yang dilaksanakan oleh organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia, merupakan terobosan yang luar biasa dalam menjawab tantangan pendidikan di era pandemi. Pelatihan daring merupakan suatu solusi yang sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan para pendidik dan siswa,” ujar Irfan.

Pemkab juga mengucapkan apresiasi adanya guru dari luar Aceh Jaya atau luar Provinsi Aceh yang bergabung dan belajar bersama pada kegiatan tersebut

Ini membuktikan bahwa guru Aceh Jaya, tambah Irfan, mempunyai kemampuan dan memiliki potensi untuk berbagi dengan guru-guru se-Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Tarmizi.

Ia menyampaikan pelatihan daring yang diprakarsai IGI merupakan pelatihan yang sesuai dengan kondisi saat ini, namun ia juga berharap agar guru dapat mengarahkan siswa untuk menggunakan media sosial ke arah yang positif.

Sementara Ketua IGI Aceh Jaya Maswadi dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 225 peserta yang terdiri dari 195 peserta dari Aceh Jaya dan 30 peserta berasal dari luar Aceh dan luar Provinsi Aceh.

Kegiatan tersebut tambah Maswadi, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi pembelajaran di tengah pandemi global Covid-19, dengan harapan guru mampu mengelola dan merancang pembelajaran jarak jauh, serta meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi, sehingga pembelajaran dapat dikemas secara menarik dan mudah dimengerti siswa.

Ketua Panitia Ernal Nofiandri,menambahkan setiap pelatihan atau workshop yang dilakasanakan oleh Ikatan Guru Indonesia selalu konsisten menghasilkan karya atau produk.

“Pelatihan ini mengharuskan peserta untuk menyelesaikan berbagai tagihan yang diberikan oleh trainer dan sebagai bentuk apresiasi. Kami akan memberikan sertifikat khusus bagi yang lulus dan memberikan doorprize kepada tiga karya terbaik,” jelas Ernal.

Ada empat trainer yang akan berbagi pada kegiatan tersebut, Ernal Nofiandri SPd ( guru berprestasi SMK Provinsi Aceh/Pelatih Nasional IGI ), Teuku Julizal S Pd (mahasiswa Pascasarjana Unsyiah/Webex Trainer ), Abu Bakar S Pd (guru SMAN 1 Teunom/Kinimaster Trainer ), Aidaryani S Pd (guru SMPN 1 Calang/Microsoft Trainer ). Sementara moderatornya adalah Viza Suhanna, S Pd M TESOL, Yusni S Pd MSi, dan Fauziah, SPd I.

Saat pembukaan selain dihadiri bupati juga hadir Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Jaya, Kasubag TU Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh, dan Direktur Bank Aceh Cabang Calang.

Secara virtual juga dikuti oleh pengawas dan para kepala sekolah serta Pengurus Wilayah Aceh dan Daerah IGI Kabupaten di Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

Sumber: https://www.acehtrend.com/2020/10/20/igi-aceh-jaya-adakan-pelatihan-meugaya/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama